Jumat, 30 Maret 2012

Makalah Invertebrata


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, tersenyum, berpapaasan dengan tuhan.
Ucapan terima kasih, tidak lupa saya sampaikan kepada bapak/ ibu dosen yang telah ikut serta membantu dalam pembuatan makalah ini. Serta tidak lupa juga untuk para sahabat dan rekan – rekan yang kiranya sudah me            mberikan dukungan dan bantuannya dalam pembuatan makalah ini.
Saya menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian  kepada dosen serta sahabat – sahabat sekalian, yang kadangkala hanya  menturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan kami jika ada kritik dan saran  yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah saya dilain waktu.
Dengan harapan, mudah - mudahan apa yang saya susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi, sahabat - sahabat, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi atau mengambil hikmah dari judul ini ( Artrophoda) sebagai tambahan dalam menambah referensi yang telah ada.


Bandung, 11 November 2011


Rifqi Aziz



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                    

DAFTAR ISI                         `           …………………………………………………………..

BAB I    PENDAHULUAN             …………………………………………………………..

A.    LATAR BELAKANG           …………………………………………………………..
B.     TUJUAN                                …………………………………………………………..
C.     RUMUSAN MASALAH      …………………………………………………………..

BAB II   PEMBAHASAN                …………………………………………………………..

A.    KELAS CRUSTASEA          …………………………………………………………..
B.     KELAS INSECTA                 …………………………………………………………..
C.     KELAS ONYCHOPHORA  …………………………………………………………..
D.    KELAS DIPLOPODA          …………………………………………………………..
E.     KELAS ARACHNOIDEA   …………………………………………………………..

BAB III          PENUTUP                             …………………………………………………………..

A.    KESIMPULAN                      …………………………………………………………..

DAFTAR PUSTAKA                     




BAB I
PENDAHULUAN
 A.    LATAR BELAKANG
Filum Arthropoda merupakan filum yang terbesar, lebih dari 765.000 species arthropoda yang berbeda telah diidentifikasi. Jumlah ini lebih besar dari pada jumlah dari seluruh spesies lain yang ada. Setiap tahun masih juga ditemukan spesies arthropoda yang baru, yang hidup di berbagai jenis habitat. Air tawar, air laut. Tanah dan dapat dikatakan hamper seluruh permukaan bumi penuh dengan arthropoda. Hewan-hewan ini hampir merupakan satu - satunya jenis hewan yang ditemukan di antariksa dan di lereng gunung - gunung yang penuh dengan salju dan batu-batuan.
Semua anggota filum ini mempunyai tubuh bersegmen yang terbungkus dalam suatu eksoskeleton bersegmen yang kuat yang terdiri terutama atas kitin. Pada semua arthropoda yang hidup, anggota tubuh berbagai species memperlihatkan fungsi dan struktur yang sangat beraneka ragam. Disamping untuk lokomosi, anggota tubuh itu membantu dalam mendapatkan makanan, dalam penginderaan, dan sebagai senjata menyerang dan mempertahankan diri. Tidak seperti annelida, segmen arthropoda dari depan kebelakang menunjukkan variasi yang besar dalam struktur. Segmen - segmen ini biasanya dibagi dalam tiga daerah utama yaitu kepala, toraks, dan abdomen.
B.     TUJUAN
Adapun tujuan pada makalah ini yaitu untuk mengetahui klasifikasi pada artrhopoda mendeskripsikan.
C.    RUMUSAN MASALAH
·         Apa yang dimaksud dengan Arthropoda?
·         Bagaimana klasifikasi dan morfologi pada arthropoda?

Untuk Download File Ini Langsung Klik Aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar